Tips Untuk Membuat Situs Web Anda Terlihat Profesional

Published at: Nov 25, 2021

Jika Anda ingin menarik banyak pengunjung, situs web Anda harus mudah dinavigasi. Pastikan bahwa tautan mudah ditemukan dan ditampilkan di lokasi yang menonjol. Menu juga membuat navigasi situs menjadi lebih mudah. Pastikan bahwa ada link tautan ke semua halaman utama Anda, seperti halaman beranda / home dan kontak, di lokasi yang menonjol pada setiap halaman.

Memiliki kotak input pencarian yang membuat pengunjung dapat mencari konten situs web Anda. Orang-orang yang mencari sesuatu, pasti akan tertarik untuk menemukan kotak input pencarian setelah melihat situs Anda. Tanpa alat ini, pengunjung mungkin akan pergi ke situs web lain dan meninggalkan situs Anda. Biasanya, tempat terbaik untuk memasukkan kotak input pencarian adalah di sudut kanan atas, karena di situlah sebagian besar pengunjung mencarinya.

Pastikan Anda menyimpan informasi pribadi yang mungkin perlu dimasukkan user berkali-kali ke situs Anda. Misalnya, jika seseorang mengisi formulir menggunakan informasi pribadi, dia harus memasukkan informasi yang sama lagi ketika dia mengisi formulir tambahan. Menyimpan data user dengan cara ini meningkatkan experience bagi mereka tersendiri dan sangat berguna oleh pengunjung situs Anda.

Menggunakan plugin gratis saat Anda masuk ke dalam backend situs web. Kadang-kadang, banyak orang salah menerima informasi tentang plugin yang ternyata boros untuk tugas-tugas tertentu. Bagaimanapun juga, ada banyak plugin gratis lainnya untuk membantu Anda mengoptimasi situs Anda tetap bagus dan terkini. Buka mesin pencari favorit Anda dan lakukan riset untuk menemukan plugin yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Anda menayangkan iklan dengan tipe jendela pop-up? Tinggalkan sekarang juga dari situs web Anda. Meskipun Anda mungkin menganggapnya berguna demi mencari keuntungan, banyak orang menganggapnya menjengkelkan. Dengan asumsi bahwa user melihat popup ini dan bingung, mereka mungkin tidak akan kembali lagi ke situs Anda.

Jika Anda bingung dengan warna latar belakang situs web Anda, jangan takut untuk menggunakan warna putih polos dan warna dasar polos lainnya. Memiliki dasar putih biasanya akan membuat situs lebih mudah dilihat dan dibaca, dan juga memberikan tampilan profesional yang membuatnya terlihat lebih dapat dipercaya dan diandalkan. Anda akan tampak seperti pemula dan akan memberikan kesan yang buruk jika konfigurasi situs Anda campur aduk dan mengganggu. Lebih baik untuk menjaga latar belakang situs web Anda tetap sederhana.

Siapkan halaman yang layak tentang Anda atau asosiasi/organisasi Anda dan beri judul "Tentang" atau "Tentang Kami". Banyak situs web berisi halaman "Tentang Kami" yang kurang baik, tidak informatif, dan hanya konten umum. Tambahkan sedikit bumbu ke halaman web ini! Biarkan orang melihat sedikit sejarah pribadi maupun asosiasi/organisasi Anda. Coba sertakan item seperti siapa Anda, siapa yang menginspirasi Anda, apa keinginan Anda untuk bisnis Anda dan lain sebagainya!

Jika Anda masih bingung dan terjebak dalam proses desain, ingatlah bahwa Anda memiliki Internet untuk mencari contoh. Dengan asumsi Anda menginginkan inspirasi, baca dengan teliti beberapa situs berbeda di luar sana. Melirik model-model atau template tertentu dan memilah-milah apa yang Anda sukai sehubungan dengan mereka. Gabungkan komponen-komponen tersebut ke dalam situs Anda sendiri. Ingat ide-ide duplikat / mencotek tidak cukup untuk membuat website Anda sukses. Anda juga harus memperbaikinya.

Silakan berinvestasi dalam beberapa buku yang dapat membantu Anda mempelajari cara menjadi perancang web / web designer yang sukses. Pastikan Anda memulai dengan buku-buku yang ada di sekitar level desain web Anda. Anda ingin maju tetapi tidak melewatkan informasi apa pun di sepanjang jalan, sehingga Anda bisa hebat dalam mendesain situs web.

Meskipun Anda mungkin melihat berbagai strategi dan desain yang Anda sukai, tetaplah imajinatif saat Anda merencanakan situs Anda. Buat konten asli yang tidak dapat ditemukan di tempat lain dan lebih baik daripada yang disediakan pesaing Anda. Anda akan bisa mendapatkan keuntungan dari mengikuti langkah ini.

Saat Anda memulai halaman situs, mulailah dengan sedikit konten. Seiring waktu, jumlah konten akan terakumulasi, yang membuat Google senang karena situs web Anda diperbarui secara berkala.

Jangan merasa bahwa Anda harus membuat sendiri setiap bagian situs web Anda sendiri. Banyak teknik dari berbagai bidang yang harus diketahui tentang desain web, yang meliputi desain antarmuka pengguna, optimisasi mesin pencari, pemrograman web, pembuatan konten, dan desain grafis. Dapatkan bantuan jika terdapat satu area yang terlalu sulit bagi Anda. Jika Anda tidak nyaman mengerjakan aspek tertentu dari situs Anda, pertimbangkan untuk menyewa seorang profesional atau creative agency untuk menawarkan bantuan.

Jika Anda berharap memiliki video rekaman di dalam situs Anda, Anda harus memverifikasi apakah host web Anda akan mengizinkannya. Banyak host di luar sana yang tidak mengizinkan hosting video di server mereka. Dokumen file FLV sangat besar dan menempati banyak ruang di server, jadi periksa untuk memastikannya diizinkan sebelum membuang-buang waktu dan usaha Anda.

Saat menempatkan video di situs web Anda, ingatlah bahwa user tertentu mungkin tidak memiliki kapasitas transfer data Internet yang tinggi. Jika video Anda lebih cepat dari akses Internet klien Anda, maka itu akan merugikan Anda. Hal ini dapat menyebabkan video dimuat dengan sangat lambat dan buffering lebih sering dari yang Anda inginkan.

Gunakan keterampilan Anda untuk mendesain situs web. Ini menyiratkan bahwa Anda harus merasa termotivasi oleh hal-hal di kehidupan sehari-hari dan mengatur motivasi itu untuk bekerja. Jika Anda sedang bekerja saat inspirasi datang, bisa dicatat terlebih dahulu agar Anda tidak melupakan ide hebat tersebut.

Tempatkan informasi terpenting di sudut kiri atas situs Anda. Ketika orang membaca, mata mereka bergerak dari kiri ke kanan. Apa pun di sebelah kiri, oleh karena itu, akan dibaca terlebih dahulu.

Setiap kali Anda membuat perubahan apa pun pada situs Anda, lihat statistik Anda. Anda akan dapat mengetahui siapa saja yang mengunjungi halaman Anda dan bagian mana yang mereka kunjungi. Ini akan memberi tahu Anda apa yang harus Anda fokuskan lebih banyak dengan situs web Anda.

Setelah Anda mulai belajar desain web, beberapa informasi diatas mulai berkumpul menjadi sesuatu yang lebih besar di dalam pikiran Anda. Seharusnya jelas, dan tips ini akan membantu. Manfaatkan informasi yang baru saja diberikan kepada Anda untuk mulai membuat situs yang luar biasa!