Cara Memilih Nama Domain yang tepat Untuk Website Anda

Cara Memilih Nama Domain yang tepat Untuk Website Anda.jpg

Published at: Nov 3, 2021

Ketika membuka suatu website, biasanya kita mengetik alamat domainnya di kolom search bar terlebih dahulu bukan? Ada yang dot com, dot co.id, dot net dan lain sebagainya. Nah kita menyebut deretan nama unik tersebut sebagai nama domain. Domain adalah nama unik yang digunakan untuk mengidentifikasi nama server komputer, nama domain ini dirancang untuk memudahkan kita mengakses alamat situs web. Karena secara bawaan, sebenarnya website dibuka menggunakan rangkaian angka yang rumit yang disebut alamat IP. Contohnya adalah website-website streaming film, website download software dan masih banyak lagi contoh website yang menggunakan alamat IP untuk membukanya.

Berikut adalah tips menarik untuk memilih nama domain yang tepat sesuai website yang ingin Anda buat.

  1. Nama Domain Unik

    Yang pertama, memilih nama domain yang unik adalah hal yang sangat penting karena nama domain ini nantinya akan menjadi identitas bisnis/usaha/profile/blog Anda. Ketika orang mencari identitas bisnis Anda di situs pencarian, maka nama domain inilah yang akan membantu robot situs pencarian memunculkan website Anda menjadi paling prioritas.

  2. Pikirkan Jangka Panjang

    Balik lagi ke poin pertama, jika identitas bisnis Anda sudah dikenal bertahun-tahun dan telah memiliki memori terhadap orang-orang tentang identitas bisnis/usaha/profile/blog Anda. Jangan sekali-sekali mengganti alamat domain dan meninggalkan alamat domain yang lama, ada banyak sekali kasus ketika orang mencoba membuka situs website yang pernah ia buka sebelumnya, tetapi website tersebut tidak bisa dibuka karena alamat domain yang sudah berbeda. Pikirkan matang-matang sebelum Anda membeli domain, pastikan domain tersebut akan dipakai dalam jangka waktu yang lama dan tidak berubah nama.

  3. Nama yang Mudah Diingat

    Apa yang terjadi ketika sebuah website memiliki domain yang sulit untuk diingat? Padahal terdapat berbagai macam informasi berharga di dalamnya yang ingin dilihat oleh pengunjung tersebut, menjengkelkan bukan? Cobalah membuat nama domain yang singkat namun sesuai isi website di dalamnya. Contohnya adalah sejarah-bali.com, yang isinya kumpulan blog/artikel tentang sejarah yang terjadi di Pulau Bali. Kemudian beritaonlinebali.com yang berisi tentang berita terkini tentang Bali. Dengan kata yang mudah dipahami, para pengunjung pun tidak akan lupa akan website kita. Bukan hanya pengunjung, robot situs pencarian juga akan dengan mudah memahami website dalam proses crawlingnya. Crawling adalah suatu proses di mana mesin pencarian contohnya seperti Google dapat mencari dan memindai konten yang berada di dalam situs web.

  4. Perhatikan Ekstensi Domain

    Apakah target pengunjung Anda di Negara Indonesia? Ataukah di luar negeri? Website Anda tipikal blog, organisasi atau situs jual beli? Hal-hal seperti ini kadang yang kurang dipahami masyarakat kita, sebenarnya ekstensi nama domain telah tersedia sesuai kebutuhan pemakaiannya masing-masing.

    Kita pasti mengenal istilah yang namanya Top Level Domain, domain yang sudah sering kita dengar atau sering dikunjungi seperti : .com , .net , .org , .info , .edu , .mil , .gov dan .id

Secara umum, nama domain terdiri atas dua jenis, yaitu Generic Domains (gTLDs) dan Country-Specific Domains (ccTLDs).

  1. Generic Domains (gTLDs)

    Merupakan nama domain yang berakhiran dengan .Com, .Net, .Org, .Edu, .Mil, atau .Gov. Jenis domain ini sering juga disebut sebut sebagai Top Level Domain, yaitu domain itu langsung dibawah root (titik dibelakang nama domain). Jadi tidak menunjukkan domain berdasarkan negara, sehingga siapapun orang yang ingin membeli dapat mendaftar. Macam-macam Generic Domains (gTLDs) yaitu:

    • .com : Digunakan untuk keperluan komensial.

    • .biz : Digunakan untuk keperluan bisnis.

    • .edu : Digunakan untuk keperluan pendidikan.

    • .info : Digunakan untuk keperluan informasi.

    • .name : Digunakan untuk keperluan web pribadi.

    • .net : Digunakan untuk keperluan internet.

    • .org : Digunakan untuk keperluan organisasi.

    • .pro : Digunakan untuk keperluan profesional.

    • .tv : Digunakan Untuk Pertelevisian, dan lain sebagainya.

  2. Country-Specific Domains (ccTLDs)

    Merupakan domain yang berakhiran dengan dua huruf ektensi. Domain ini di atur dan di daftarkan masing-masing negara. ccTLDs juga sering disebut Second Level Domain yaitu domain yang berada di bawah Top Level Domain. Contoh dari Secondary Level Domain adalah .co.id, .co.uk, .com.gr ,dan banyak lainnya.

    Contoh Domain Indonesia:

    • .ac.id : bagi lingkungan akademik/perguruan tinggi

    • .co.id : bagi organisasi komersial

    • .or.id : bagi organisasi selain organisasi

    • .net.id : bagi organisasi pemegang Izin Penyelenggara jasa telekomunikasi

    • .web.id : bagi badan usaha, organisasi ataupun perseorangan yang melakukan kegiatannya di World Wide Web.

    • .sch.id : bagi sekolah dengan ketentuan dan kebijakan yang telah ditentukan.

    • .go.id : digunakan khusus bagi instansi pemerintah

    • .mil.id : digunakan bagi kalangan militer dengan ketentuan dan kebijakan yang telah ditentukan.

    • .war.net.id : digunakan bagi warung internet dengan ketentuan dan kebijakan yang telah ditentukan.

Bagaimana, apakah sudah mulai bisa menentukan nama domain yang tepat untuk website Anda? Tentunya diperlukan pertimbangan yang cukup untuk memikirkannya. Awwbit Digital dapat membantu dan memberi solusi, kami juga menyediakan layanan pembuatan website termasuk hosting dan domain untuk kebutuhan Anda dengan harga yang cukup terjangkau.